Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Al-Samâ‘ Menurut al-Ghazâlî (Ditinjau dari Aspek Ontologi, Epistemologi dan Aksiologi)


Enjis Saputra
Al-Samâ‘ Menurut al-Ghazâlî (Ditinjau dari Aspek Ontologi, Epistemologi dan Aksiologi)
           
Penulisan skripsi ini untuk memperjelas konsep tentang musik menurut Al-Ghazâlî. Dengan jelasnya konsep musik, kita dapat dengan jelas menyikapi musik yang memang banyak kita temukan dalam kehidupan kita.
Al-Ghazâlî mendefinisikan al-samâ‘ sebagai nyanyian religius yang dapat menggerakkan dan membangkitkan hati. Nyanyian menurutnya adalah suara yang merdu dan suara yang merdu itu terbagi menjadi dua, yaitu suara merdu yang dapat dipahami seperti syair (puisi atau lirik) yang keluar dari pita suara manusia. Suara yang tidak dapat dipahami seperti suara yang keluar dari pita suara hewan seperti kicau burung dan lain-lain, termasuk suara benda keras yaitu alat musik. Dapat disimpulkan bahwa yang dimaksud al-samâ‘ dalam penelitian ini adalah aktivitas mendengarkan musik atau nyanyian (syair-syair) dengan musik atau tanpa alat musik yang bercorak religius sebagai upaya penyucian jiwa.
Secara ontologis al-Ghazâlî menjelaskan bahwa al-samâ‘ialah nyanyian yang dinikmati pendengarnya, dapat dipahami dan menggerakkan hati pendengar. Ia memandang al-samâ‘ sebagai kesenian yang tidak hanya bersifat material, tetapi juga memunyai fungsi spiritual.
Secaraepistemologi al-samâ‘ialah bentuk al-samâ‘, baik sebagai notasi maupun nyanyian, tidak hanya terdapat pesan-pesan tentang keindahan, tetapi juga menyimpan pesan tentang kecintaan kepada Tuhan.Inilah yang membedakan dari seni musik lainnya, yang hanya menyimpan makna keindahan semata.
Secara aksiologis al-samâ‘ menyimpan makna-makna tersirat tentang kerinduan kepada Tuhan. Makna tersebut nanti yang akan dipahami dan menggoncangkan hati pendengar hingga sampai pada titik musyâhadah dan mukâsyafah.

Hairus Saleh
Hairus Saleh Akademisi jadi blogger. Blogger menjadi tempat untuk tuangkan berbagai gagasan dan pemikiran.

Posting Komentar untuk "Al-Samâ‘ Menurut al-Ghazâlî (Ditinjau dari Aspek Ontologi, Epistemologi dan Aksiologi)"